by

Hal Penting Dalam Maintenance Alat Berat

software pertambanganMaintenance alat berat biasanya di temukan dalam industri yang menggunakan beberapa alat berat untuk mendukung kelangsungan dari berjalannya industri tersebut. Di antaranya adalah industri yang bergerak di bidang pertambangan. Ada banyak alat berat yang harus di lakukan maintenance secara menyeluruh. Maintenance adalah sebuah tindakan yang di lakukan untuk mempertahankan sebuah kondisi dari sebuah alat berat agar supaya bisa di gunakan dalam jangka panjang. Biasanya maintenance ini akan di lakukan oleh beberapa orang ahli khusus dalam bidang maintenance sehingga hasilnya pun bisa di pertanggung jawabkan.

Beberapa Hal Penting Dalam Maintenance Alat Berat Yang Harus Anda Ketahui

Maintenance alat berat biasanya mutlak di butuhkan dalam sebuah industri yang berjalan dengan mengoperasikan beberapa jenis alat berat di dalamnya. Dan maintenance sendiri harus di lakukan secara rutin untuk mendapatkan kondisi alat berat yang prima sebelum nantinya di gunakan dalam pekerjaan. Maintenance juga bertujuan untuk meminimalisir adanya kecelakaan kerja yang terjadi akibat alat berat yang di gunakan ternyata mengalami kerusakan.

Berikut ini beberapa jenis maintenance yang bisa Anda temukan dalam industri pertambangan.

  • Perawatan terencana

Jenis perawatan yang pertama adalah jenis perawatan alat berat yang memang sudah terencana. Ada pembagian jadwal, kapan harus di lakukan maintenance, alat apa saja, di mana dan oleh siapa saja serta pencatatan hasil perawatan dan apa yang di lakukan saat maintenance di lakukan.

  • Perawatan berkala

Perawatan jenis yang kedua adalah jenis perawatan berkala. Yaitu jenis perawatan yang di lakukan secara berkala setiap beberapa waktu sekali dengan tujuan untuk meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada mesin atau alat berat yang di gunakan dalam industri.

  • Perawatan koreksi

Dan jenis perawatan yang kedua adalah jenis perawatan koreksi. Hal ini di lakukan secara mendadak karena memang biasanya hanya bertujuan untuk mengembalikan kondisi alat berat yang di lakukan maintenance kembali ke fungsi awal seperti misalnya di lakukan perbaikan atau penyetelan ulang. Demikian beberapa jenis perawatan yang ada di dalam maintenance alat berat.

Related posts: